Saturday, July 9, 2016

SEMUANYA BERDOSA

SEMUANYA BERDOSA

            Dahulu ada seorang miskin yang karena tidak tahan lapar ia muncuri sepotong kue. Tetapi malangnya baginya, ia tertangkap dan dimasukkan dalam penjara. Ia beberapa kali berusaha untuk melarikan diri, tetapi selalu mengalami kegagalan. Kemudian ia mendapat akal. Pada suatu hari ia berkata kepada kepala penjara, ‘pak, saya mempunyai sebuah benda berharga yang akan saya persembahkan kepada raja.’’ Pada mulanya,kepala penjara tidak menghiraukan perkataanya,tetapi setelah dijanjikan sejumlah uang dari hasil hadiah raja,barulah kepala penjara tersebut membawanya menghadap raja.
             Di hadapan raja, ia mempersembahkan sebiji kacang dengan mengatakan,’’paduka raja, biji kacang ini sangatajaib. Jika biji kacang ini ditanam, akan menghasilkan kacang mas.’’ Setelah mendengarkan peerkataan ini, raja menjadi heran dan kurang percaya, lalu berkata,’’jika biji kacang ini dapat menghasilkan kacang mas, mengapa engkau sendiri tidak mau menanamnya, Dengan suara rendah si miskin ini menjawab,’’Ampun tuanku, hamba tidak layak untuk menanam bijinkacang ini. Karena hanya orang yang tidak pernah melakukan kesalahan yang berlayak menanam dan menghasilkan kacang mas.’’ Setelah mendengar  jawaban ini, raja berpikir,’’Aku tidak layak menanam kacang ini, karena waktu kecil aku pernah berbohong dan mencuri.’’ Sebab itu raja menolak untuk menanamnya.
          Mata si miskin beralih dari raja kepada perdana menteri, ‘’jika paduka raja menolak, bagaimana jika yang mulia perdana menteri saja yang menanamnya.’’ Dengan gugup perdana menteri menolaknya, karena ia menyadari bahwa diriny tidak luput dari kesalahan. Ia sering uang pelicin. Tibalah giliran panglima perang untuk menerima tawaran itu, tetapi dengan tidak kalah gugup, ia menolak. Karena ia tahu dalam medan perang, ia sering merampas jasa orang lain untukndiri sendiri. Akhirnya tidak ada satu pun pejabat tinggi istana yang berani menerima tugas tersebut. Karena masng-masing mengetahui bahwa dalam tugas sebagai abdi kerajaan sering mengkomersialkan jabatan.
         Dengan tertawa, si miskin mengatakan, ‘’kalian yang melakukan kesalahan yang lebih besar  dan banyak, menikmati hidup senang, sedangkan aku mencuri karena aku tidak tahan lapar di masukkan dalam penjara.’’ Perkataan ini menyadarkan raja dan pejabat lainnya. Akhirnya mereka melepaskan simiskin ini.

            Karena semua orang telah berbuat dosa, dan telah kehilangan kemuliaan Allah.’’
                                    Roma 3;23
            Tuhan memandang kebawah dari sorga kepada anak-anak manusia untuk melaihat,
                        Apakaah ada yang berakal budi  
                                    Dan yang mencari allah. Mereka semua tlah menyeleng, semuanya telah bejat; tidak ada yang berbuat baik, seorang pun tidak.’’   Mazmur 14;2.                                                                                           
                                           




DARAH KRISTUS


            Pada suatu kali, iblis dengan membawa segulung kertas yang penuh dengan tulisan, datang menemui reformator Martin  Luther dengan mengatakan,’’Lihat denga teliti, apa yang tertulis diatas kertas ini,’’ Luther mengambil dan membacanya, ia sangat terkejut, karena apa yang tertulis diatas kertas tersebut adalah catatan tentang dosa-dosa yang pernah ia lakukan, termasuk dosa-dosa yang ia lupakan. Melihat keterkejutan Luther, dengan suara mengejek ia mengatakan,’’ jangan terkejut dulu, karena disini masih ada dua gulung lagi.’’
            Setelah tenang sedikit, Luther mengatakan, ‘memang harus kuakui, bahwah dosa-dosa  yang terdapat di kertas ini pernah kulakukan. Apakah masih ada dosa-dosa lainya; Dengan sombong iblis mengeluarkan gulungan-gulungan kertas lainnya dan berkata, ‘Demikian banyak dosa-dosa yang kamu lakukan, masih beranikah kamu menyebut dirimu anak Allah.’ Dengan sinis dan senyuman mengejek, ia mau melihat reaksi Luther.
            Dengan tenang Luther membawa semua gulungan kertas tersebut ke kamar tulisnya. Dengn tinta merah darah ia mencoret semua tulisan diatas gulungan kertas tersebut. Dengan suara penuh kemenangan ia berkata, Darah anak domba Allah di salib telah menghapuskan segala dosaku’’ iblis terkejut mendebgar perkataan itu, lalu terbirit-birit melarikan diri.
                                    ‘’....darah yesus, anak itu,
            Menyucikan kita dari pada segala dosa.’’ ‘yohanes 1;7; 



No comments:

Post a Comment